Sabtu, 25 April 2015

ROHIS at-Taqwa SMKN 4 Samarinda

 Welcome to..
ROHIS at-Taqwa SMK Negeri 4 Samarinda



    Sebelumnya sudah saya post kan mengenai manfaat ROHIS, dan sekarang..
Saya akan menceritakaan... Disuatu negri antah berantah, ada seorang nenek yang tinggal didekat kuburan... (suasana horor) -_-
Daripada ngawur. Gk usa kelama'an ya sahabat ROHIS
Check it out ! ^_^

  ROHIS at-Taqwa adalah sebuah organisasi berbasis islami yang berdiri (kalau ane lagi duduk nih ngetik, gk nanya yaa :D.. kabuur ) sejak 21 April (maap salah -_-, hampir sama ya kayak hari kartini.. Waah jangan-jangaan :D nih organisasi dilahirin ama bu Kartini kali yak :v haha :D kidding sobaat ;) yap 21 April 2004 (Tahun ini hampir 11 tahun)
Singkat cerita, ROHIS yang mempunyai motto Mengukir Prestasi Meraih Ridho Ilahi ini sekarang telah bertransformasi menjadi ekstrakulikuler yang dibawahi OSIS bidang 1 khusus keagamaan SMK Negeri 4 Samarinda.

Organisasi ini, mempunyai PH (pengurus harian, bisa juga disebut pengurus inti) layaknya organisator dalam organisasi pada umumnya
PH ROHIS at-Taqwa, diantaranya:
- Ketua 
- Wakil Ketua
- Bendahara umum dan Bendahara Masjid
- Sekretaris
- dan ketua Bidang serta Kopibid (Koordinator Putri Bidang)

Seorang PH diangkat pada saat MUBES (Musyawarah Besar) yang biasanya diadakan setelah masa habis periode jabatan, yaitu setelah Tahun Ajaran Baru
Semua PH disini, dipilih dari kelas 2 (kelas XI Siswa SMKN 4 SMD) , kecuali wakil ketua yang disengajakan dipilih dari kelas 1 (kelas X) agar didapatkan regenerasi kepengurusan nantinya.
Seorang PH yang telah habis masa jabatnnya, kemudian "dijabatkan" sebagai MPR. *bukan anggota dewan alias Majelis Permusyawaratan Rakyat ya sobat, tapi Mantan Pengurus ROHIS *sallaahwooyy -- eeh siapatuh lempar sendal -_- emm mungkin itu setan *enakAja, ane MPR => Majelis Pertimbangan ROHIS . -- ooh iya akhi, afwaan ^_^kabuur~

Oke sobat ROHIS, daripada ngawur. mending kita lanjuut Lagi..


ROHIS at-Taqwa mempunyai 3 Bidang kerja yang dikomandoi oleh Seorang Ketua dan Dibina oleh guru Agama SMK Negeri 4 Samarinda.
Dalam Proker(ProgramKerja)nya, ROHIS at-Taqwa mempercayakan suatu acara atau proker kepada kepanitiaan dalam organisasi, misalnya Pj (Penanggung jawaab), Ketua panitia, dan lainlain.

Perlu diketahui juga nih, ROHIS AT-TAQWA juga telah bergabung di Forum Silaturrahim ROHIS Samarinda, yang mana menjadi salah satu penggagas utama terbentuknya kembali Forum ROHIS diSamarinda

Selanjutnya..
Yuk, Mari kita bahas 3 bidang kerja Organisasi yang saya cintai ini:
Namun karena banyaknya proker, saya akan bahas beberapa saja
Jika mau tau lebih banyak, silahkan download file nya di sini

1. Bidang SYAMIL (Syiar Media Informasi Islam)
         Dulu, dikenal dengan nama Syiar Islam
    Syamil sendiri menurut bahasa artinya MENYELURUH. Sama seperti Proker (program Kerja) Bidang ini, yakni:
- PHBI (Peringatan Hari Besar Islam)
  contoh: isra mi'raj, maulid nabi, idul adha, dll.
- ISDING (Isi Mading)
  contoh : Mengadakan pajangan mading baik dimading masjid maupun dimading umum sekolah.
- KURMA (Kunjungan Silaturahmi)
   ialah sekedar kunjungan bersilaturahmi antar pejuang dakwah sekolah antar ROHIS maupun Organisasi islam lainnya. 
    contoh : kunjungan ke ROHIS MAN 2 Samarinda, Pesantren, dll.
SMILE (syi'ar media elektronik)
    menyebarkan berbagi hadis dan kata penyejuk rohani ke sms, facebook, dan media sosoial lainnya dalam rangka Syi'ar Islam
- RACER (Ramadhan Ceria)
   Acara besar dalam rangka bulan ramadhan, setahu saya RACER dilaksanakan oleh Plt.(Pelaksana Tugas) Pengurus inti/harian oleh kelas 1 dikarenakan bulan ramadhan selalu menjadi bulan dimana SMK4 kelas 2 mengadakan PSG (Pendidikan Sistem Ganda)
 Racer dipimpin langsung olleh Pembina ROHIS at-Taqwa, Pak Rahmat Supandi, S,pd. RACER juga termasuk bukber, dan MABIT (Baca diBidang KPSDM)
Public Speaking
  Public Speaking adalah bagaimana caranya berbicara didepan umum, dan bagaimana berorganisasi. Sayangnya, proker ini tidak sepenuhnya berjalan.
- SANI (Kesenian Islami)
  Apa aja sih kesenian Islam itu? 
 Yaa tentu saja, Kaligrafi pasti, Habsyi? so pasti, terus apalagi SOBAT? Nasyid, MTQ, danlainlain. Yups, SYAMIL menghandle Segala bentuk kegiatan kesenian islam. SANI adalah proker yang membutuhkan daya tarik tersendiri agar menarik perhatian anak ROHIS, maupun (bisa juga) bukan Anak ROHIS untuk masuk kedalamnya dalam rangka meramaikan kesenian islam. kegiatan-kegiatan dalam proker SANI biasanya sering diikutkan pada acara lomba diluar sekolah.


2. Bidang KPSDM (Kaderisasi Pengembangan Sumber Daya Manusia)

ini bidang saya :D KPSDM
Karena sejarahnya, Wakilketua selalu ditempatkan dibidang ini
Bidang ini lebih penekanan kepada mengembangkan cara kerja dan keaktifan anggota berdasarkan syariat islam . 
Untuk lebih lanjut, mari kita lihat proker bidang yang saya geluti didalmnya ini.. :)
- TAMAN (Ta'lim Bulanan)
  Layaknya ta'lim khusus pada umumnya, namun ta'lim ini bersifat internal dengan pemateri dan panitia langsung mengambil dari osis bidang 1 keagamaan dan juga sebagian anggota KPSDM. Undangan biasanya lebih menyeluruh kepada OSIS maupun pengurus ekskul dan kelas. TAMAN ini diadakan 1 bulan sekali
- LDK (Latihan Dasar Kepemimpinan)
  Ini Proker setahun sekali yakni berkolaborasi dengan program kerja terbaik dari OSIS, yakni LDK. Di proker ini hanya segelintir manusia ROHIs saja yang dijadikan panitia (biasanya pengurus harian)
- SD (SMS Dakwah)
 Menyebarkan SMS mengenai Hadist pilihan yang dikirimkan kepada seluruh anggota oleh seorang Pj
- Tabungan Akhirat
  ialah sebuah "kotak amal" dari RumahZakat, maupun dari kotak KPSDM yang disebarkan keseluruh kelas untuk diambil sebulan sekali dan disetor kepada RumahZakat maupun sisanya untuk Kepengurusan Masjid (Dok; Kepengurusan Masjid saku utama menggunakan infaq yang dilakukan di hari jum'at)
MABIT (Malam Bina Iman dan Taqwa)
  "Malam malam beribadah", orang tidur, kita beribadah, Subhanallah (y) 4jempool deeh ;;; . Proker ini dikhususkan hanya kepada ikhwannya saja, dilaksanakan dimasjid At-Taqwa SMKN4 atas persetujuan dari Sekolah dan tentunya, penjaganyaa :D . MABIT sering dilakukan pada saat Ramadhan, Idul Adha, dan apabila terdapat undangan dari sekolah lain.
- SD (SMS Dakwah)
menyebarkan berbagi hadis dan kata penyejuk rohani ke sms para anggota KPSDM dalam rangka pengembanagn teori menurut Al-Qur'an dan Hadist

Lanjut ;)

3. Bidang KEPUTRIAN (All Akhwat)

Bidang ini khusus menempatkan Perempuan dan Acara khusus perempuan-perempuan di ROHIS, namun tidak semua perempuan berada diBidang ini, Bidang SYAMIL dan KPSDM pun terbagi mempunyai Akhwat didalamnya.

Dan, Ini dia PROKERnya:
- CINA (Cuci Mukenah)
  Program ini sepertinya bergilir dan harus, harus dilaksanakan, agar mukenah tidak menimbulkan efek yang tidak di inginkan (Tau aja kan ;D)
- EMU (Ekspos Muslimah)
Emansipasi wanita, berkarya dan membuat kerajian seperti bros dan lain lain
- Rujak Party & Bedah Buku
Gk tau jelas sih, tapi yang pasti pesta makan rujak dan membedah buku, yaitu seperti perpustakaan bergilir dan membaca buku yang bermanfaat. Seperti itu, mungkin :/
- ShaLoDay (Sharing LoveDay)
Hari dimana saling berbagi cinta dan ukhuwah dalam rangka kebersamaan antar anggota
- RAPGO (Rapat Anggota)
Setiap Bidang maupun pengurus inti atau PH maupun bisa jadi juga MPR , pasti melakukan RAPGO. Rapat Anggota diadakan membahas keaktifan, dana kas dan pembahasan acara, dan lain-lain.
- Kantin Muslimah
Kantin disini bukan acara makan-makan ya Sobat ROHIS :) tapii adalah Kajian Rutin Muslimah, sejenis Ta'lim,yang diadakan sebulan sekali,Yang di undang bisa seluruh Akhwat ROHIS , pun kk MPR yang Akhwat
- BAKSOS (Bakti Sosial)
Ini proker bikin ane laper -_-, Bakso, eh, maksod saya Baksos, adalah program kerja yg biasanya dilaksanakan pada Bulan Ramadhan.


Nah, selesai sudah ulasan saya mengenai  ROHIS At-Taqwa SMK Negeri 4 Samarinda.
semoga bisa menjadi referensi antum-anti mengenai ROHIS
Selanjutnya,mengenai ROHIS At-Taqwa, kita bahas lebih lanjut dikiriman blog saya yang lain.
Atau CP saya di 082352331576 dan Grup facebook ROHIS AT-TAQWA
Sekian dari saya,
Akhirul Qalam.
Shollu 'Ala Muhammad, Jazakumullah
Wassalamu'alaikum wr.wb ^_^
# Salam Ukhuwah (y)
logo smk4 samarinda


Tidak ada komentar:

Posting Komentar